Apa sih SEO?

Online shop saat ini memang menjamur dimana-mana. Bukan hanya perusahaan besar, namun enterpreneur yang baru merambah dunia bisnis juga sudah mulai berani mencoba berbisnis di dunia online. Salah satu hal yang membuat banyak pebisinis menggunakan toko online dibandingkan toko offline karena dapat mengurangi biaya yang harus dikeluarkan. Jika kita memiliki toko offline sudah pasti harus memiliki tempat untuk berjualan. Jika bangunannya bukan milik sendiri maka harus ada biaya kontrak atau membeli bangunan. Selain itu adapula biaya perawatan toko belum lagi dengan karyawannya.
Sedangkan ketika menggunakan toko online Anda cukup membayar biaya pembuatan website dan juga perawatan rutinnya yang jika dibandingkan toko offline akan jauh lebih hemat.
Tapi apakah Anda tahu, bahwa membuat toko online saja tidak cukup. ada beberapa hal yang harus Anda lakukan untuk mendukung toko online Anda agar bisa banyak dikujungi calon pembeli.
Beberapa diantara Anda pasti sudah mengetahui tentang SEO atau Search Engine Optimization, tapi mungkin beberapa yang lainnya masih berfikir “Apasih, itu SEO?” atau mungkin, “Apasih pentingnya SEO?”. Sekarang kita akan bahas apa itu SEO dan pentingnya untuk website atau toko online anda.
SEO adalah proses dari optimisasi mesin pencarian untuk mempengaruhi tingkat visibilitas situs web di hasil pencarian alami (mesin pencari tanpa iklan atau tidak berbayar) dari sebuah mesin pencarian. Atau singkatnya, proses untuk meningkatkan kemunculan website anda pada mesin pencarian seperti misalnya Google.
Saat mesin pencari dapat memunculkan website anda di halaman pertama maka kemungkinan pengunjung yang datang ke toko anda akan lebih banyak dibandingkan yang muncul di halaman berikutnya. Maka dari itu optimalisasi SEO dengan menggunakan kata kunci yang tepat akan sangat mendukung peringkat kemunculan website anda di mesin pencari.
SEO sendiri berbeda dengan Iklan di mesin pencari, jika website tersebut menggunakan iklan (biasanya memiliki logo ad atau iklan di pencarian) belum tentu ia didukung dengan SEO. Tingkat jumlah kemunculannya juga akan sesuai dengan biaya yang dibayarkan kepada pihak penyedia jadi website tidak akan selalu muncul di mesin pencari, sedangkan dengan menggunakan SEO website anda pasti akan muncul sesuai dengan peringkat atau halaman yang didapatkan atau bahkan bisa terus meningkat hingga di halaman pertama bisa juga menurun jika ada website lain yang menggunakan SEO dengan kata kunci yang lebih tepat.
Jika pengunjung website atau toko online anda semakin banyak otomatis pembelinya juga akan terus bertambah, dikarenakan keuntungan dari berbisnis online yang memang tidak dibatasi wilayah dan juga waktu. Anda dapat menjual produk Anda kemana saja baik dalam negeri hingga luar negeri dengan jam operasional yang tidak harus dibatasi karena Anda dapat online dimana saja dan kapan saja selama gadget anda terhubung dengan koneksi internet.
Jadi mulai sekarang kita perhatikan lagi ya SEO yang sudah digunakan, apakah sudah optimal atau belum. Meskipun penyedia website Anda sudah mendukung untuk penggunaan SEO dalam website anda, tapi tidak ada salahnya loh kalau kita juga gunakan jasa dari ahli SEO agar pemilihan kata dan cara optimalisasinya bisa lebih sesuai.
Selamat mencoba! 🙂

Tags:

No responses yet

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Latest Comments

No comments to show.