Kemasan Yang Bagus Tuh Penting Gak Sih?

ada pepatah yang bilang, “Don’t judge a book by it’s cover” atau bisa diartikan sebagai, jangan hanya melihat sesuatu berdasarkan tampilan luarnya saja. Tapi rasanya pepatah ini kurang berlaku ya jika berkenaan dengan hal berdagang. Kualitas barang atau jasa sudah pasti jadi point paling utama saat anda berbisnis, tapi Anda tidak boleh menyepelekan soal kemasan dari produk dagangan Anda.

Indera penglihatan menjadi indera yang paling banyak digunakan manusia, maka dari itu visualisasi yang indah akan lebih menarik perhatian dibandingkan yang biasa saja. tampilan yang atraktif dan unik akan lebih menyita perhatian calon pembeli Anda. Kita ambil contoh kasus saat kita berbelanja, walaupun harganya lebih mahal tapi tetap saja sebagian orang masih lebih senang untuk berbelanja kebutuhan sehari-harinya di supermarket dibandingkan harus pergi ke pasar tradisional. Alasan yang paling utama adalah, kalau belanjanya di supermarket lebih nyaman karena tidak perlu berdesakan, kena panas, becek, atau bahkan waktu lebih fleksibel karena supermarket biasanya buka dari pagi hingga malam hari. Padahal jika kita berbelanja di pasar tradisional kita bisa mendapatkan barang dengan harga lebih murah hingga 50%, kualitas yang masih segar, dan kadang bonus dari si pedagang.

begitu pula dengan produk anda, pembeli sering kali lebih ingin membeli suatu produk karena bungkusnya yang bagus dan menarik. pernahkan melihat dua brand yang menjual jenis makanan yang sama tapi makanan yang kemasannya lebih rapih, bersih dan bagus lebih laris, padahal kadang jika dilihat beratnya lebih ringan dan harganya lebih mahal belum lagi soal rasa, tidak jarang brand untuk kemasan yang biasa saja kadang tidak kalah enak. Tapi faktor visualisasi tadi yang menjadi senjata utama, orang lebih tertarik dengan tampilan awalnya baru rasanya.

Kalau produk kita berbentuk jasa, gimana ya? bisnis jasa juga penting memiliki kemasan yang menarik, yang dimaksudkan kemasan disini seperti pelayanan dan juga servis yang anda berikan. pelayanan yang ramah dan servis yang memuaskan sudah pasti akan mebuat customer anda balik lagi untuk bekerja sama dengan anda, karena hal tersebut akan bersangkutan dengan kenyamanan customer. Padahal kita bisa lihat banyak sekali agen perjalanan, tapi kadang tiap orang punya langganannya sendiri dan akan selalu menggunakan agen perjalanan tersebut sekalipun agen lainnya memiliki harga yang lebih murah karena pelanggan sudah tau tentang layanan yang akan mereka dapatkan nantinya.

Sekalipun tampilan luar harus jadi perhatian anda bukan berarti jadi boleh main-main sama produknya kan? heheee.. tampilan luar yang menarik dan produk dengan kualitas yang terbaik otomatis akan menjadikan produk dagangan anda sempurna. Jadi gak akan ada lagi istilah yang penting sih dalamnya bagus, masalah kemasan sih nanti lagi, duh jangan deh yaaa…

Tags:

No responses yet

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Latest Comments

No comments to show.